Kamis, 03 Maret 2016

Pastel Tutup Kentang Kukus

Pastel Tutup Kentang Kukus

Sore-sore lapar, mau keluar juga gak bisa, secara dari pagi sampai sore hujan deras gak berhenti pakai plus lagi, plus bledek hahaha. Akhirnya karena lapar ato lagi pengen makan dengan malas-malasan menuju dapur, rencananya sih mau bikin mie instan rebus, hm...pasti enak hangat-hangat dimakan saat hujan.

Mie sudah ditangan, buka kulkas mau ambil sayur, gak sengaja mata lihat ke meja..voila ada bungkusan di kresek hitam. Harap-harap cemas buka tuh bungkusan, siapa tahu isinya uang hahaha. Dan ternyata ...isinya KENTANG. Yap baru inget seminggu yang lalu ibu saya membawakan satu kresek kentang. Saya taruh di bawah meja, karena terus terang saya kurang begitu suka kentang, teksturnya yang empuk, sedikit berlendir dengan bau langu memang membuat saya sedikit anti dengan kentang. Bahkan kalau bisa bikin sayur sop (sup) saja gak pakai kentang.

Antara bimbang dan ragu saya melihat mie di tangan dan kentang di kresek. Sambil menarik nafas panjang, akhirnya saya ambil kentang di kresek. Biarpun saya gak suka kentang, tetapi suami suka banget. Okelah masih ada beberapa jam untuk buat makanan kesukaan suami dari kentang ini, alhasil mie yang sudah ditangan harus ikhlas kembali ke lemari.

Dengan segera kentang saya cuci bersih, trs direbus...proses merebus ini membutuhkan sedikit waktu lebih. Sementara menunggu kentang masak, hm...browsing dulu cari resep-resep kudapan menggunakan kentang rebus. Yups akhirnya kentang rebus itu dilumatkan dan voila  jadilah Pastel Tutup Kentang versi kukus. Bikinnya cepat, bahannya simpel , rasanya enak, bergizi dan mengenyangkan. Dimakan sambil menonton film dan ditemani kopi, saat hari hujan sunggu luar biasa.

Yuk dibikin Pastel Tutup Kentang (Kukus)nya, untuk resepnya saya ambil di http://www.resepkueonline.com/resep-pastel-tutup-cara-kukus dengan variasi sesuai isi kulkas yang saya miliki.

Bahan Pastel
  • 4 buah kentang ukuran besar
  • 1 butir telur ayam (saya pakai 2 telur ayam. kocok lepas)
  • 50 ml susu cair (saya pakai satu gelas susu cair)
  • garam, gula pasir, pala bubuk dan lada bubuk secukupnya
  • air untuk merebus secukupnya
  • Keju parut untuk taburan
  •  Merah telur ayam untuk olesan (saya tidak pakai)

Bahan Isi
  • 200 gr ayam cincang(saya pakai 250 gr ayam, saya rebus dan saya cincang agak kasar)
  •  2 buah wortel, potong dadu agak kecil, rebus hingga matang (saya potong korek api dan tidak saya  rebus)
  •  1 buah brokoli, ambil kuntumnya saja, potong ajak kecil, rebus hingga matang (saya pakai 10 buah buncis, iris tipis,tidak saya rebus)
  • 5 buah jamur kancing/champignon, iris tipis (saya pakai sosis 5 buah,belah dua lalu iris tipis)
  • 1/2 siung bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 1 sdm saus tiram (saya tambahkan)
  • 2 sdm susu bubuk, cairkan dengan dua sdm air (saya tambahkan)
  •  garam, gula pasir, lada bubuk secukupnya
  •  margarine untuk menumis
  •  air secukupnya
Cara Membuat Isi
    1. Tumis bawang bombay hingga harum dengan margarin, masukkan bawang putih dan seledri.  
    2. Masukkan ayam cincang, aduk-aduk hingga berubah warna diamkan sebentar.
    3. Masukkan wortel, sosis, buncis,adn irisan seledri, aduk-aduk. Tambahkan air secukupnya untuk
        membuat wortel dan buncis layu. Aduk-aduk  dan biarkan hingga air menyusut.
    4. Masukkan garam, gula pasir, lada bubuk dan saus tiram, aduk-aduk dak koreksi rasa.
    5. Jika sudah matang, masukkan larutan susu bubuk, aduk rata dan biarkan hingga meresap.
    6. Angkat dan dinginkan

Cara Membuat Pastel
    1. Cuci bersih kentang, rebus sampai matang, kupas dan haluskan.
    2. Campur kentang dengan susu cair, aduk rata.
    3. Masukkan garam, gula pasir, lada bubuk dan pala bubuk.
    4. Masukkan kocokan telur aduk rata.
    6. Siapkan loyang / pinggan tahan panas, olesi dengan mentega.
        (saya pakai loyang loaf  20x10x10)
    7. Ambil 1/2 adonan kentang, atur di dasar loyang, ratakan.
    8. Taruh adonan isi di atasnya.
    9. Tutup dengan sisa adonan kentang.
    10. Buat guratan-guratan halus di permukaan kentang untuk motif.
    11. Kukus di atas dandang yang sudah dipanaskan selama 20 menit
    12. Taburi dengan keju parut.
    13. Kukus kembali selama 10 menit.
    14. Angkat dan biarkan di dalam loyang 5 - 10 menit agar uap hilang dan adonan set.
    15.Siap dihidangkan

Catatan dan tips
     1. Biasakan untuk merebus air dalam panci pengukus dulu sampai mendidih untuk mendapatkan
         panas yang stabil
     2. Bungkus tutup dandang dengan kain yang tidak luntur agar uap air tidak menetes ke dalam kue.
     3. Versi kukus ini bisa juga dibuat versi panggang (oven) lho


Selamat mencoba..happy cooking, always hyappy ..always healthy 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Author

Blogroll