Kamis, 17 Maret 2016

Seblak Sosis

Seblak Sosis

"Seblak...? Apaaan Gen ? " 
Tanya saya pada temen kost saya di Tangerang Selatan R. Geni Meriani waktu itu. 

Dari penjelasan singkatnya saya simpulkan kalau Seblak ini adalah makanan khas dari Bandung, terbuat dari kerupuk mentah yang di rendam air hangat dan dipadukan dengan bumbu-bumbu tumisan. Berhubung seblak berasal dari kata nyeblak yang artinya pedes banget  maka seblak  yang asli harus berasa pedas kalau gak pedes  bukan seblak namanya.

Masih menurut teman saya itu, pada awalnya seblak  adalah makanan tradisional rakyat biasa saja, namun dalam perkembangannya seblak  sudah bermetamorfosa menjadi makanan gaul  dengan berbagai macam variasi rasa dan topping.Sayangnya saya belum pernah tahu versi gaul dari  seblak ini.

Akhirnya setelah sekian lama, melihat ada sisa kerupuk di lemari mulailah saya membuat seblak  berdasarkan resep si Geni tetapi dengan ramuan ala-ala saya. Kali ini saya variasikan dengan sosis dan orak-arik telur, maunya sih saya kasih keju juga biar agak kekinian, tapi karena takut rasanya amburadul saya skip kejunya, dan saya buat Seblak (Sosis) dengan versi tradisional. 

Yuk dibuat di rumah Bun ...dijamin nagih .Berikut resepnya ya

Seblak Sosis

Bahan :
  • Kerupuk putih  kecil     : 1 genggam
  • Sosis sapi/ayam            :  3 buah (potong serong)
  • Telur ayam                    :  2 buah (kocok lepas)
  • Margarin untuk menumis

 Bumbu halus :
  • Bawang putih                : 3 siung
  • Cabe kecil                      : 5 buah (sesuai selera)
  • Kencur                            : 1 ruas jari
  • Merica bubuk                  : seujung sdt
  • Saus Tiram                      : 1 sdm
Cara membuat :
  1. Cuci kerupuk dan rendam dengan air panas sekitar 10 menit atau sampai kerupuk agak layu/ lemas.Tiriskan.
  2. Panaskan  margarin dan tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan  kocokan telur, aduk-aduk sampai berbulir.
  4. Masukkan  kerupuk, aduk rata. Bisa ditambahkan air sedikit agar bumbu lebih meresap.
  5. Masukkan sosis, merica bubuk dan saus tiram
  6. Tunggu sebentar sampai air menyusut dan semua bahan matang.
  7. Koreksi rasa dan angkat. 
  8. Lebih nikmat disajikan hangat. 
Catatan dan Tips.
  1. Gunakan kerupuk yang terbuat dari kanji, agar kerupuk dan bumbu rasanya menyatu. Jangan menggunakan kerupuk yang mengandung udang karena akan merusak rasa
  2. Kencur mutlak harus ada dan tidak bisa digantikan dengan bahan lain karena bumbu ini yang menghasilkan rasa unik dan khas pada seblak
  3. Ada betulnya seblak  harus pedas karena kalau tidak pedas kurang nikmat , ada after taste (ngendal) setelah menyantap kerupuknya

Selamat mencoba ...happy cooking, always happy ...always healthy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Author

Blogroll